Pages

Software Pemblokir USB + FireWire + PCMCIA

Kamis, 28 Oktober 2010

Software Pemblokir USB + FireWire + PCMCIA
Beberapa waktu yang lalu saya sempat memposting artikel yang berjudul “Pemblokiran PengCopyan Data Dari Komputer ke USB Removable Drives“. Inti dari Tulisan tersebut adalah Pemblokiran Port USB pada Komputer yang berupa Pemblokiran Akses sembarang media elektronik melalui port USB untuk menghindari pencurian/pengcopyan data secara ilegal dari komputer ke USB Removable Drives seperti Flash Disk. Namun port-port lain seperti FireWire (IEEE 1394) dan PCMCIA yang juga bisa digunakan sebagai jalur pengcopyan data tidak terproteksi/dikunci/diblokir. Lalu bagaimana cara memblokir port-port tersebut si atas?
Di bawah ini saya akan mengemukakan Software Pemblokir 3 (Tiga) Port Komputer sekaligus, yakni: USB, Firewire (IEEE 1394), dan PCMCIA, dengan menggunakan Software yang bernama “SAFEND
——————————————–
SAFEND 
(http://www.safend.com)
——————————————–
ProductsSafend Protector; Safend Protector – Personal Edition 
License:
- Safend Protector Personal Edition (Freeware); Safend Protector (Shareware)
OS Platform Supported: Windows 2000/XP/Vista
Tentang Program
Safend
Safend adalah Program Sekuriti yang berfungsi untuk memblokir akses koneksi sembarang hardware/media elektronik melalui jalur USB (Universal Serial Bus), FireWire (IEEE 1394), dan juga PCMCIA, yang mana pemblokiran tersebut dimaksudkan untuk melindungi data yang berada dalam Hardsik Komputer dari kemungkinan pencurian data melalui port-port tersebut.
Developer Safend telah membuat Dua Jenis Safend, yakni: Safend Protector dan Safend Protector Personal Edition.(1) Safend Protector Personal Edition
Program Pemblokir jalur USB, FireWire (IEEE 1394), dan juga PCMCIA yang khusus dirancang untuk Stand-Alone Computer atau Komputer mandiri yang tidak terhubung ke jaringan.
(2) Safend Protector
Program Pemblokir jalur USB, FireWire (IEEE 1394), dan juga PCMCIA yang khusus dirancang untuk Komputer Jaringan.
Konfigurasi pembatasan akses pada Safend Protector lebih lengkap dan mendetail daripada konfigurasi pembatasan pada Safend Protector Personal Edition.
Terdapat pembatasan akses ke port USB pada semua Komputer di dalam suatu jaringan komputer, pembatasan akses hardisk dengan metode enkripsi, Pemblokiran AutoRun External Media, External Media Plug and Un-Plugged Traffics Monitoring, dan lain sebagainya.
Safend Protector bisa menganalisa Traffic secara Real-Time dari Semua Media Penyimpanan Eksternal (Removable Storage Devices, External Hard Drives, CD/DVD Drives, Floppy Drives, Tape Drives) pada tiap proses Plug dan UnPlug ke Komputer melalui:
  1. Physical Interface (USB, FireWire, PCMCIA, Secure Digital, Paralel, Serial, dan Modem),
  2. Wireles Interfaces (WiFi, Bluetooth, dan Infra Red/IrDA)
dan memberikan Opsi-Opsi Proteksi kepada Administrator berupa Policy yang bisa dikustomisasi, apakah akan Mem-Blok Seluruh Media Penyimpanan Eksternal, Read-Only (dimungkinkan hanya untuk dilihat tanpa hak modifikasi dari User, atau bahkan Proteksi dengan Enkripsi pada seluruh Data untuk mengoptimalkan tingkat keamanan.
Proteksi Password
Sebagai pemblokir Port, Safend Protection Personal Edition menggunakan Account Windows untuk proteksi pemblokiran sekaligus sebagai validasi koneksi hardware ke port-port tersebut di atas guna konektivitas ataupun sinkronisasi dengan Komputer ataupun pengaksesan data pada Komputer. Jadi untuk menggunakannya, Anda harus mengaktifkan Password Windows Anda yang Anda gunakan untuk LogIn ke Windows. (Windows Password jangan dibiarkan kosong).
Secara Default, Safend akan memblokir semua jalur port USB, FireWire (IEEE 1394), dan juga PCMCIA.
Dan untuk menonaktifkan proteksi atau membuka pemblokirannya, Anda tinggal memasukkan password Anda yang Anda gunakan untuk LogIn ke Windows.
Menurut saya, Safend Protection Personal Edition yang Gratis ini sudah cukup ampuh dalam membatasi akses melalui port-port USB, FireWire, dan PCMCIA, namun SANGAT DISAYANGKAN dan terlihat tanggung untuk sebuah security software yang handal namun dengan ketiadaan Password Database sendiri, yang hanya berketergantungan pada Password Windows yang relatif mudah dijebol. Namun, masih lebih baik sekali daripada tidak ada proteksi sama sekal, dan saya yakin di luar sana masih banyak orang yang belum tahu keberadaan Safend dan/atau kelemahannya ini (Lama-lama ya makin banyak yang tahu yaacgkh! :D ).
DownloadButton.jpg
Semoga Bermanfaat
Salam:warwerwor

0 komentar:

Poskan Komentar

Ayo gan Komentarnya jangan lupa,,,biar tambah semangat yang upload Film dan Game dan berita juga update artikelnya, kalau ada link yang mati laporkan juga disini ya...

 
gamers holic dan security web dan aneka ragam © 2011 | Designed by Bingo Cash, in collaboration with Modern Warfare 3, VPS Hosting and Compare Web Hosting
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...