Pages

Manfaat Windows Prefetch – Perlukah Prefetch Dihapus?

Jumat, 04 Februari 2011


Windows Prefetch (.pf files) pada Windows XP sebenarnya adalah sebuah Trik Akselerasi Eksekusi Program buatan Microsoft yang diciptakan untuk mempercepat proses eksekusi dan loading dari program-program yang paling sering dieksekusi/dijalankan pada Windows environment, dan juga berfungsi untuk mempercepat proses booting Windows.

Setiap User Start Up Windows, Windows akan mencatat/me-record sebagai indeks program-program apa saja yang paling sering Anda jalankan baik secara manual maupun secara otomatis (misal: autorun pada Windows start-up), dan Windows menyimpan catatan indeksnya tersebut pada Folder Prefetch (sub folder dari Windows System Folder) agar saat Anda menjalankan program-program tersebut, proses eksekusi dan loading program lebih cepat (terakselerasi) karena telah tercatat.
Perlukah Prefetch Dihapus?Sebenarnya manfaat Windows Prefetch cukup signifikan. Meski demikian, Windows Prefetch bisa saja dan tidak masalah bila Anda hapus jika Anda merasa tidak memerlukannya dan sistem Windows tidak akan terganggu oleh karenanya, namun sebagai konsekuensi logis bila Anda menghapus Windows Prefetch, proses loadingprogram-program yang biasa Anda jalankan akan terasa lebih lambat daripada bilamana Windows Prefetch tidak Anda hapus, bahkan di sisi lain, bahkan malah bisa menurunkan performa komputer akibat kelambatan proses loading ini. Kelambatan ini terutama cukup terasa pada komputer low-end class dan low to middle class atau laptop dengan spesifikasi hardware standar. Namun bagi komputer dengan spesifikasi hardware middle to high class, atau high-end class, dengan memory 1 GB ke atas dan prosesor cepat masa kini, kelambatan prosesloading program tidak akan begitu terasa, kecuali bila pada komputer terpasangthird-party security program semacam Program Analyzer yang akan memindai dan menganalisa program apapun saat program tersebut dieksekusi yang tentu saja akan menciptakan delay time program loading process.
Banyak pihak dan banyak pembuat software Windows Tweaking mengatakan bahwa salah satu cara untuk mendongkrak performa komputer adalah dengan menghapus prefetch, tapi bagi saya performa yang dihasilkan dengan menghapus Prefetch tidak seberapa dan tidak sebanding dengan akselerasi program loading process bilamana Prefetch tidak dihapus.
Menurut saya, Windows Prefetch tidak perlu dihapus, jadi sebaiknya jangan Anda hapus Windows Prefetch dalam komputer Anda, kecuali bila Anda tidak membutuhkannya dan percaya bahwa menghapus Windows Prefetch akan mendongkrak performa komputer secara signifikan. Memang salah satu manfaat penghapusan Windows Prefetch adalah dalam kondisi bilamana Anda menguninstallsebuah software dari komputer Anda. Saat Anda menginstall suatu software dan Windows mengindeksnya, namun saat Anda tidak memerlukan lagi software tersebut dan menguninstallnya sesuai prosedur yang benar sekalipun, anehnya, Windows masih tetap mencoba mengoptimalkan disk Anda untuk sofware yang sudah tidak ada/ teruninstall (non-existing software).
Menurut saya, diperlukan serangkaian percobaan pada beberapa mesin yang berjantung Windows XP dengan spesifikasi berbeda untuk menguji manfaat Windows Prefetch dan untuk menimbang bobot kebaikan dan keburukan dari keberadaan Windows Prefetch.
Semoga Ada Masukan Informasi dari Anda menyangkut Windows Prefetch ini.

0 komentar:

Poskan Komentar

Ayo gan Komentarnya jangan lupa,,,biar tambah semangat yang upload Film dan Game dan berita juga update artikelnya, kalau ada link yang mati laporkan juga disini ya...

 
gamers holic dan security web dan aneka ragam © 2011 | Designed by Bingo Cash, in collaboration with Modern Warfare 3, VPS Hosting and Compare Web Hosting
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...