Pages

Tool-Tool Pengecek Keamanan Website

Jumat, 04 Februari 2011


Tool-Tool Pengecek Keamanan Website
Bagi Anda yang sering atau gemar melakukan aktivitas browsing di internet untuk mencari suatu informasi tertentu, tentunya mengunjungi website adalah bagian yang tak terpisahkan dari aktivitas tersebut. Untuk melakukan pencarian informasi umumnya kita sudah terbiasa menggunakan bantuan mesin pencari (search engine) yang terpercaya dalam hal pengindeksan data informasi seperti Google Searchataupun Yahoo Search. Namun sayangnya kedua mesin pencari terbesar di dunia tersebut sama sekali tidak membedakan sumber indeks datanya, apakah berasal dari website yang aman untuk dikunjungi atau rawan/berbahaya/cukup mengganggu untuk dikunjungi karena mengandung malware yang umumnya berupa spyware, adware, trojan, virus, worm, spam, dan exploit scripts. Oleh karenanya, para pengunjung tidak tahu apakah situs yang akan dikunjungi tergolong safe to visit, not too safe to visit, atau dangerous to visit karena tiadanyainformasi dan peringatan keamanan pada halaman website (web security warning) dari Google maupunYahoo!.
Sebagai solusinya, kita bisa menggunakan salah satu dari beberapa Tool handal untuk mengecek keamanan sebuah website. Dalam tulisan ini saya akan mengambil sample 3 (Tiga) Tool yang cukup bisa diandalkan yakni:
Baik Web Security Guard maupun McAfee Site Advisor sama-sama memiliki dua Opsi pengecekan keamanan suatu website, yakni Pengecekan secara Online (tanpa instalasi program) maupun Pengecekan melalui Instalasi Program. Pada Opsi Instalasi, kedua Tool ini berupa Plug-In yang terintegrasi dengan Search Engine Web Browser. Bila McAfee Site Advisor menggunakan existing public Web Search Engineseperti Google Search atau Yahoo Search, sedang Web Security Guardmenggunakan Web Search Engine-nya sendiri (Web Crawler) yang terintegrasikan pada Toolbar Web Browser untuk menampilkan analisa keamanan sembarang Website dengan ikon penanda berupa “Shield” dengan warna masing-masing sesuai tingkat keamanan website yang dianalisa.
Kedua Tool tersebut akan membantu, memandu, dan memproteksi User dalam melakukan Aktivitas Browsing dan Searching di Internet, yang mana kedua Tool tersebut akan menginformasikan kepada User apakah sebuah Website dikategorikan aman atau tidak untuk dikunjungi. Pola Kerja Web Security Guard mirip seperti McAfee Site Advisor, bedanya, informasi keamanan suatu Web dari McAfee Site Advisor diberikan pada Link (URL) website pada Search Result di Web Browser window, sedangkan Web Security Guard memberikan informasi keamanan suatu web pada saat User meng-Klik Link suatu website atau go To URL, dan bila website yang dituju mengandung konten yang dianggap berbahaya, Web Security Guardakan menampilkan Pop Up window untuk memberikan Opsi kepada User untuk “Back (Don’t Go To Site)”, “More Info”, dan “Enter Site (Go To Site)”
McAfee Site Advisor akan memberikan Ikon Tanda: “Tanda Centang”, “Tanda Silang”, “Tanda Seru”, dan “Tanda Tanya” pada Link-Link/URLs dengan keterangan sbb.:
Tanpa Warna dengan Ikon Tanda Tanya/Question Mark:
= Situs belum sempat dikunjungi McAfee Team
Warna Hijau dengan Ikon Tanda Centang/Check Mark:
= Situs Aman untuk dikunjungi, serta Aman bagi pengunjung untuk melakukanBrowsing, Registration, LogIn/Sign Up, ataupun Data Transferring(Uploading/Downloading/File Sharing), etc..
Warna Kuning dengan Tanda Seru/Exclamation Point:
= Situs Tidak Terlalu Aman untuk dikunjungi karena mengandung Malware yang cukup mengganggu pengunjung.
Warna Merah dengan Tanda Silang/Cross Sign:
= Situs Tidak Aman/Berbahaya/bersifat mengganggu bila dikunjungi karena mengandung Malware/Malicious Script(s) yang bisa menginfeksi komputer Pengunjung dan/atau mengganggu Pengunjung.
Sedangkan LinkScanner Lite, walau juga melakukan pengecekan terhadap script, konten dan fasilitas downloader yang dianggap berbahaya pada suatu website, namun sayangnya Tool ini tidak melakukan pengecekan terhadap keberadaan spyware maupun adware pada suatu website. Tool ini juga terintegrasi denganSearch Engine Web Browser.
Pastikan salah satu software keamanan tersebut terinstall pada komputer Anda terlebih dahulu sebelum Anda melakukan browsing di internet. Namun bila Anda tidak berkeinginan untuk menginstal, Anda disarankan untuk berkunjung ke situs resminya melalui Link software tersebut di atas untuk melakukan Online Website Check.
Screenshot:
Web Security Guard


LinkScanner Lite


0 komentar:

Posting Komentar

Ayo gan Komentarnya jangan lupa,,,biar tambah semangat yang upload Film dan Game dan berita juga update artikelnya, kalau ada link yang mati laporkan juga disini ya...

 
gamers holic dan security web dan aneka ragam © 2011 | Designed by Bingo Cash, in collaboration with Modern Warfare 3, VPS Hosting and Compare Web Hosting
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...